Laporan akhir 1 Modul 3





Laporan Akhir 1
Percobaan 1 Modul 3

1. Jurnal[Kembali]







2. Alat dan Bahan[Kembali]

Jumper
Gambar 1. Jumper

Panel DL 2203D 
Panel DL 2203C 
Panel DL 2203S
Gambar 2. Modul De Lorenzo




3. Rangkaian[Kembali]




4. Prinsip Kerja[Kembali]

Pada percobaan 1 ini merupakan percobaan Asynchronus Binary Counter dengan 4 bit yaitu dimana menggunakan 4 buah J-K Flip-Flop yang input J dan K nya dihubungkan menjadi 1 ke power sehingga menjadi T Flip-Flop. Ketika J-K dihubungkan ke power maka input J-K adalah logika 1 maka J-K mengalami kondisi toggle (berlawanan) dan karena inputnya juga diberi input clock yang dimana clock nya terdapat bulatan di depannya maka clock akan aktif pada saat kondisi fall time yaitu kondisi dimana clock akan mentrigger pada saat 1 ke 0, sehingga outputnya akan mengalami perubahan.

Karena clock mentrigger pada saat kondisi fall time, maka ketika input J-K nya 1 maka output Q akan 0, namun clock hanya mempengaruhi flip-flop pertama saja, sedangkan flip-flop kedua ketiga dan keempat itu clock nya bergantung dari output Q flip-flop sebelumnya. Sehingga setelah melakukan beberapa percobaan maka pada percobaan 1 ini counter akan mengalami counter up dari 0 sampai F.


5. Video Percobaan[Kembali]





6. Analisis[Kembali]

1. Analisa apa yang terjadi pada rangkaian percobaan 1 ketika input SR nya dihubungkan ke ground ketika SR aktif low ?

Diketahui rangkaian percobaan 1 menggunakan 4 JK flip flop yang dimana pada kaki SR adalah aktif low. Ketika kedua kaki disambungkan ke ground maka akan bersifat aktif low. Ketika ini terjadi terlihat pada rangkaian bahwa rangkaian berada pada posisi SET. Ini terjadi karena pada logika 0 maka output Q dan Q bar akan berlogika 1 yang dimana logika ini tidak dapat ditentukan. Jadi ketika rangkaian active low semua logic probe akan menyusun angka 1111 atau dalam desimal berarti 15.

2. Apa yang terjadi jika output Q bar masing" flip flop dihubungkan ke input clock flip flop selanjutnya ?
Pada rangkaian, ketika output Q bar masing masing dihubungkan ke flop, maka counter akan menghitung nilai maksimumnya yaitu 1111 atau 15, sehingga counter akan memulai dari 15 lalu sampai 0 yang dimana ini disebut counter down.



7. Download[Kembali]

  • Download HTML [klik disini]
  • Download Rangkaian Simulasi [klik disini]
  • Download Video Simulasi [klik disini]
  • Download Datasheet IC74LS112 [klik disini]

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Laporan akhir 3 modul 2

    [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Jurnal 2. Alat dan Bahan 3. Rangkaian 4. Prinsip Kerja 5. Video Percoba...